Buku ini menjelaskan tentang psikologi pendidikan yang memiliki 2 kandungan pokok yaitu hal belajar dan hal mengajar. Hal-hal pokok tersebut dijadikan inti dari pembahasan dalam buku ini mengingat perannya yang vital dalam setiap pengajaran baik dalam satuan pendidikan sekolah maupun satuan pendidikan luar sekolah. Pembahasan mengenai hal belajar dihubungkan langsung dengan kegiatan siswa saat …
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Pembawaan, keturunan dan lingkungan Bab 3 Mengapa manusia berinteraksi dengan dunia luar Bab 4 Berpikir Bab 5 Intelijensi Bab 6 Motivasi Bab 7 Belajar Bab 8 The self dan frustasi Bab 9 Kepribadian (Personality)
Buku ini membahas tentang: Bab 1 Kedudukan Evaluasi Pendidikan di dalam kurikulum dan Pengajaran Bab 2 Evaluasi Pencapaian belajar siswa Bab 3 Macam-macam bentuk tes hasil belajar Bab 4 Prinsip-prinsip dan prosedur penilaian tes hasil belajar Bab 5 Teknik pengolahan skor hasil evaluasi Bab 6 Evaluasi dalam sistem pengajaran PPSI Bab 7 Teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar …