Proses belajar dan mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya. Dalam buku ini diuraikan berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar T…
Di dalam buku ini diuraikan langkah-langkah untuk menerjemahkan pedoman kurikulum menjadi pedoman instruksional dan hal-hal yang berkenaan dengan masalah-masalah tersebut, yang dimaksudkan untuk memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dengan pelaksanaannya dalam pengajaran kelas.
Buku ini terutama menyoroti suatu periode tertentu dalam sejarah pendidikan Indonesia, yakni periode 1892 sampai 1920. Buku ini terdiri dari 11 bab pembahasan, yang antara lain membahas tentang; Pandangan umum tentang politik dan penyelenggaraan pendidikan kolonial, sekolah untuk anak Indonesia sebelum berorganisasi 1892; sekolah kelas satu; sekoalh kelas dua; sekolah desa; Europese Lagere Sch…
Buku ini mencakup tentang : Bab 1 Sosiologi pendidikan Bab 2 Pendidikan dan masyarakat Bab 3 Pendidikan dan stratifikasi sosial Bab 4 Pendidikan dan hubungan antar kelompok Bab 5 Masyarakat dan kebudayaan sekolah masyarakat Bab 6 Struktur sosial sekolah Bab 7 Peranan guru di sekolah dan masyarakat Bab 8 Kepribadian guru Bab 9 Peranan guru kelakuan murid…