Tulisan ini berupa hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab pada beberapa MTs Negeri di Kota Padang, padahal TIK pada zaman sekarang ini adalah merupakan media yang sesuai dengan jiwa dan karakter peserta didik. Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa belum termanfaatkannya media TIK ialah karena tid…
Penguasaan keterampilan berbahasa Arab di abad ke-21 tidak bisa diremehkan, baik dari perspektif keislaman, geopolitik, ekonomi, bisnis, maupun bidang lainnya. Dalam konteks keislaman, bahasa Arab adalah bahasa suci Al-Qur'an, yang dianggap sebagai wahyu Allah bagi umat muslim. Selain itu, kemampuan berbahasa Arab memungkinkan kita untuk lebih dalam memahami budaya Arab, sejarah, tradisi, serta…
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa dilakukan oleh para ahli bahasa demi mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien, mudah dimengerti dan tidak membosankan, namun t…
Ini adalah pelajaran shorof khususnya bidang tashrif dalam bahasa indonesia yang ditulis agar lebih mudah dipelajari, bahkan bisa dipelajari sendiri dengan tidak memerlukan waktu yang lama, cukup dengan waktu kurang lebih 20 jam. Penulis buku ini telah mencobanya sendiri dan ternyata bisa berhasil dalam waktu yang singkat. Dengan modal ilmu tashrif dalam buku ini diharapkan dapat menguasai 60%…
Materi yang dibahas dalam buku ini : Bab 1 Apa dan mengapa harus membuat perencanaan untuk bisnis baru Bab 2 Tahapan menyusun busines Bab 3 Mencari ide bisnis, mencari peluang bisnis baru Bab 4 Memperkirakan peluang pasar Bab 5 Menganalisis pesaing Bab 6 Merumuskan konsep produksi dan tawaran ke pelanggan Bab 7 Merumuskan model bisnis Bab 8 Mngope…
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI APAKAH INDIKATOR PENILAIAN BUKU TEKS YANG DITAWARKAN OLEH BSNP ATAU KEMENTRIAN AGAMA YANG TERTUANG DALAM PERMENAG RI NO. 02 TAHUN 2008 SUDAH TERCAPAI ATAU BELUM, BAIK DALAM ASPEK PENILAIAN MATERI, ASPEK PENILAIAN PENYAJIAN, ASPEK PENILAIAN KEBAHASAAN, ASPEK PENILAIAN KEGRAFIKAN. OBJEK DALAM PENELITIAN INI ADALAH BUKU ILMU NAHWU PRAKTIS SISTEM 40 JAM KAR…
Buku ini hadir bagi para guru, mahasiswa keguruan, pengelola pendidikan, dan para pemegang kebijakan pendidikan. Mengapa? Karena di dalamnya dijelaskan model-model yang dikembangkan oleh pakar pendidikan, psikologi, dan teknologi pendidikan, serta pakar evaluasi pendidikan dan pembelajaran. Kesimpulannya, ada sejumlah model pembelajaran yang dapat dipelajari dan dikembangkan sehingga dapat dise…
BAB 1 MENYIAPKAN KARYA TULIS ILMIAH BAB 2 MENYIAPKAN KARYA TULIS ILMIAH BAB 3 MENULIS DAN MENYUSUN KARYA TULIS ILMIAH BAB 4 MENINJAU DAN MEMPERBAIKI TULISAN