Text
Bisnis Berbasis Syariah
Dalam garis besarnya pemasaran adalah berbagai upaya yang dilakukan agar memudahkan terjadinya penjualan perdagangan. Sebagai pedagang, Rasulullah SAW menerapkan 5 konsep yaitu jujur, ikhlas, profesionalisme, silaturahmi dan soul marketing.
Pada tahap awal kegiatan ekonomi terbatas hanya pada dua pelaku, yaitu rumaah tangga ekonomi dan pengusaha. Pada tahap perkembangannya mulai diperlukan pihak ketiga yaitu pemerintah. Kemudian dalam perkembangan kemudian bertambah sektor perdagangan.
Ajaran islam mencakup dua dimensi pokok, yakni dimensi vertikal dan dimensi horizontal. Aktivitas perdagangan merupakan salah satu dari aspek kehidupan yang bersifat horizontal. Praktik - praktik yang tidak dibenarkan dalam islam antara lain adalah mencari keuntungan dengan cara mencegat di pinggir kota, mencari keuntungan dengan cara mengurangi timbangan, menyembunyikan cacat barang dan melakukan transaksi najasy.
Keselamatan menurut islam, baik keselamatan dalam kehidupan dunia ataupun akhirat sangat ditentukan oleh prestasi seseorang berdasarkan sudut pandang dari kedua dimensi tersebut. Tidak semua perdagangan dibolehkan dalam islam, baik karena cara- cara pelaksanaannya ataupun jenis barang yang diperdagangkannya. Secara eksplisit, ajaran islam melarang orang memakan harta yang didapat secara tidak benar, atau secara tidak halal, dan salah satu cara yang membenarkan atau dihalalkan adalah perdagangan.
Ketentuan syariat yang harus dirujuk dan dilaksanakan pebisnis. Ketentuan syariat tersebut merupakan nilai utama yang menjadi payung strategis maupun taktis organisasi bisnis, yang bertujuan untuk mencapai empat hal utama: Target hasil (profit-materi dan benefit non materi), pertumbuhan (terus meningkat), keberlangsungan (dalam kurun waktu selama mungkin) dan keberkahan (keridhaan Allah).
Minimnya manfaat yang ditimbulkan globalisasi yang dirasakan oleh beberapa negara anggota WTO, terutama negara berkembang, memunculkan sebuah “perlawanan”. Akan tetapi besarnya arus globalisasi yang disokong oleh kuatnya vengkeraman negara maju dari sisi ekonomi dan politik berimplikasi pada tidak dimungkinkannya melakukan perlawanan tersebut. Integrasi ekonomi di antara beberapa blok negara merupakan sebuah mainstresm yang harus dipilih dalam kebijakan pembangunan ekonomi.
Globalisasi dan integrasi ekonomi memiliki dimensi filosofi yang sama yaitu aplikasi konsep ekonomi pasar. Integrasi adalah sebuah proses untuk menghilangkan diskriminasi yang ada antara dua atau lebih negara – negara yang melakukan kerja sama.
Ada tiga hal penting yang terdapat dalam globalisasi, yakni saling berhubungan, integrasi, dan saling berkaitan. Dengan adanya tiga hal tersebut, dalam globalisasi, maka kebijakan- kebijakan dalam skala nasional dapat lepas dari peristiwa- peristiwa di tingkat global. Globalisasi mencakup semua bidang kehidupan dan dalam kaitannya dengan bidang ekonomi.
Teori – teori perdagangan dapat digolongkan setidak- tidaknya ke dalam dua kelompok, yakni kelompok teori klasik dan kelompok teori modern. Teori klasik yang umum dikenal adalah teori merkantilis dari kaum merkantilis. Teori keunggulan absolut dari Adam smith, teori keunggulan relatif atau keunggulan komparatif dari J.S. Mill dan teori biaya relatif dari David Ricardo. Sedangkan teori faktor proporsi dan Hecksher-Ohlin dikelompokan ke dalam teori modern.
Dewasa ini perdagangan merupakan suatu aktivitas yang sangat penting dalam perekonomian. Volume dan intensitas perdagangan telah mengalami perkembangan yang semakin cepat dalam era globalisasi ini berkat kemajuan teknologi. Pembayaran untuk perdagangan domestik biasanya memakai mata uang secara bersangkutan, sedangkan perdagangan internasional lebih banyak menggunakan mata uang asing.
Ada tiga macam cara berdagang dan cara memasarkan produk yanag muncul karena berbagai alasan, terutama karena dorongan kemajuan ilmu pengetahuan terutama teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi. Yaitu : counter-trade, e-commerce dan bursa efek.
Keunggulan buku ini adalah mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang baik dan benar, cetakan hurufnya jelas dan mudah dibaca, sampulnya menarik dan menjelaskan tentang topik yang jarang dibahas serta melampirkan dasar- dasar yang jelas.
Kelemahan buku ini adalah tata letak kurang sistematis, spasi huruf kurang besar dan huruf terlalu rapat serta kata- katanya berbelit- belit.
Kesimpulan :
Buku ini sudah baik dan akan lebih baik lagi kalau kualitas penulisannya ditingkatkan lagi. Materi yang disampaikan juga sudah baik dan lebih baik jika tidak berbelit- berbelit. Untuk sampul sudah baik dan buku ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi berdasarkan syariat islam
201400060 | 2X6.3 Jus b | Perpustakaan IAIN Palopo (Tandon) | Tersedia |
22520Q002 | 2X6.3 Jus b | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Rak Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain