Text
Landasan pendidikan: Menjadi guru yang baik
Secara hakiki, pendidikan dipandang bermutu, diukur dari kedudukannya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional. Pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang mampu membentuk generasi muda cerdas, berkarakter, bermoral, dan berkepribadian. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan, tanpa memperhitungkan guru secara nyata, hanya akan menghasilkan satu fatamorgana atau sesuatu yang semu dan tipuan belaka. Guru yang profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal. Buku ini akan menguraikan arti pendidikan, unsur-unsur pendidikan, beberapa indikator yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan untuk membawa anak menjadi insan kamil atau manusia paripurna. Buku ini pun mencandrakan sosok pendidik atau guru sebagai faktor yang sangat menentukan dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, dibahas pula dalam buku ini karakteristik pendidik atau guru yang baik; karakteristik sikap yang harus dihindari oleh guru, yaitu sifat dan sikap yang tidak layak dimiliki dan dilakukan guru. Oleh karena itu pula, guru harus menjadi kekuatan moral. Masalah dalam dunia pendidikan juga dipaparkan serba singkat sebagai bahan renungan para penyelenggara pendidikan.
201501306 | 371.1 MOH l | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Tandon) | Tersedia |
201501304 | 371.1 MOH l | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Sirkulasi) | Tersedia |
201501303 | 371.1 MOH l | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain