Text
Model-model pembelajaran : Mengembangkan profesionalisme guru
Buku ini mencakup tentang:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Standar proses satuan pedidikan
A. Perencanaan proses pembelajaran
B. Prinsip-prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
C. Pelaksanaan proses pembelajaran
D. Penilaian hasil pembelajaran
E. Pengawasan proses pembelajaran
Bab 3 Menjadi Guru Profesional
A. Pengertian profesionalisme guru
B. Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan
C. Syarat-syarat guru profesional
D. Ciri-ciri profesi keguruan
E. Kode etik guru indonesia
F. Ruang lingkup profesi keguruan
G. Kinerja guru profesional
H. Ukuran kualitas kinerja guru
I. Kriteria kualitas kinerja guru
J. Peranana Guru
K. Kompetensi profesional guru
L. Tugas guru
M. Indikator kinerja guru
N. Keterampilan dasar mengajar guru
O. Penilaian kinerja guru
P. Pelaksanaan penilaian kinerja guru
Q. Indikator penilaian kinerja guru
R. Format penilaian kinerja guru
S. Memantau kegiatan pembelajaran
Bab 4 Model-model pembelajaran
A. Pengertian model pembelajaran
B. Dasar pertimbangan pemilihan model pembelajaran
C. Pola-pola pembelajaran
D. Ciri-ciri model pembelajaran
E. Model pembelajaran berdasarkan teori
F. Kesimpulan
Bab 5 Model-model desain pembelajaran
A. Model PPSI (Prosedur pengembangan sistem instruksional)
B. Model glasser
C. Model gerlach dan ely
D. Model jerold E. Kemp
Bab 6 Model pembelajaran kontekstual
A. Konsep dasar pembelajaran kontekstual
B. Komponen pembelajaran kontekstual
C. Prinsip pembelajaran kontekstual
D. Skenario pembelajaran kontekstual
Bab 7 Model pembelajaran kooperatof
A. Konsep dasar pembelajaran kooperatif
B. Karakteristik model pembelajaran kooperatif
C. Prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif
D. Prosedur pembelajaran kooperatif
E. Model-model pembelajaran kooperatif
Bab 8 Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)
A. Konsep dan karakteristik pembelajaran berbasis masalah
B. Peran guru dalam pembelajaran nernasis masalah
C. Proses belajar berbasis kognitif
D. Desain masalah dalam pembelajaran berbasis masalah
E. Pengembangan kurirkulum dalam pembelajaran berbasis masalah
F. Pembelajaran berbasis masalah dan perencanaan kurikulum
G. Pembelajaran berbasis masalah dan e-learning
H. Pengalaman siswa dalam pembelajaran berbasis masalah
I. Implementasi pembelajaran berbasis masalah
J. Intisari pembelajaran berbasis masalah
K. Teori belajar yang melandasi pendekatan pembelajaran berbasis masalah
L. Petunjuk bagi guru dalam pembelajaran berbasis masalah
Bab 9 Model pembelajaran tematik
A. Latar belakang pembelajaran tematik
B. Tahap pekembangan belajar anak sekolah dasar
C. Belajar dan pembelajaran bermakna
D. Pengertian pembelajaran tematik
E. Landasan pembelajaran tematik
F. Pentingnya pembelajaran tematik untuk murid sekolah
G. Karakteristik model pembelajaran tematik
H. Rambu-rambu pembelajaran tematik
I. Ruang lingkup pembelajaran tematik
J. Implementasi pembelajaran tematik
K. Implikasi model pembelajaran tematik
Bab 10 model pembelajaran berbasis komputer
A. Model pembelajaran berbasis komputer
B. Model=model pembelajaran berbasis komputer
Bab 11 Model PAKEM (Partisipatif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
A. Pengertian PAKEM
B. Model-model pembelajaran yang mendukung pembelajaran PAKEM
BAB 12 Model pembelajaran berbasis web (e-learning)
A. Implementasi pembelajaran berbasis web\
B. Interaksi tatap muka dan virtual
C. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran
D. Penggunaan internet dalam pembelajaran
E. Internet sebagai sumber belajar
F. Internet untuk manajemen pembelajaran
G. Pemanfaatan e-learning untuk pembelajaran
H. Teknologi pendukung E-Learning
I. Pengembangan model e-learning
J. Kelebihan dan kekurangan e-learning
Bab 13 Model pembelajaran mandiri
A. Konsep belajar dan pembelajaran mandiri
B. Tingkat kemandirian peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
C. Belajar mandiri dalam sistem pembelajaran jarak jauh
D. Model-model pembelajaran mandiri
E. Bahan belajar mandiri
F. Kesimpulan
Bab 14 pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa
A. Pendahuluan
B. Pengertian pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa
C. Jenis-jenis pendekatan pembelajaran
D. Pembelajaran berorientasi aktifivitas siswa (PBAS)
E. Mengaktifkan siswa melalui pendekatan dan model pembelajaran
49822D001 | 371.1 RUS m | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Tandon) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain