Text
Pengembangan bahasa : Pada anak usia dini
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK DENGAR PADA ANAK USIA DINI YANG MEMPUNYAI ORANGTUA TUNARUNGU YANG PERTAMA TETAP BERASAL DARI LINGKUNGAN KELUARGA. PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DENGAR PADA ANAK USIA DINI YANG BERASAL DARI KELUARGA ORANG TUA YANG TUNARUNGU BISA DILIHAT DARI FAKTOR KEBAHASAAN DAN NON-KEBAHASAAN. ADAPUN BERDASARKAN FAKTOR KEBAHASAAN MELIPUTI UNSUR PELAFALAN, PENGGUNAAN INTONASI, PEMILIHAN KATA, STRUKTUR KALIMAT DAN GAYA BAHASA. FAKTOR NON KEBAHASAAN DITENTUKAN OLEH SITUASI, TEMPAT, DAN PENGUASAAN MATERI. FAKTOR PENGHAMBAT PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAR PADA ANAK USIA DINI YANG MEMPUNYAI ORANGTUA TUNARUNGU ANTARA LAIN ADALAH FAKTOR LINGKUNGAN. SEDANGKAN FAKTOR PENDUKUNG ADALAH PERHATIAN ORANGTUA AKAN KEBUTUHAN BAHASA ANAK DIPENUHI DENGAN MEMBELIKAN BUKU-BUKU BERGAMBAR SEHINGGA ANAK BISA MEMAHAMI DAN MELAFALKANNYA.
DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA, KHUSUSNYA KEMAMPUAN BERCERITA, SEKOLAH MENERAPKAN BERBAGAI MACAM PROGRAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN TERSEBUT. GURU JUGA HARUS MENGEMBANGKAN DIRI DALAM MEMBIMBING ANAK AGAR DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK. BERBAGAI MACAM CARA DILAKUKAN DALAM HAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK, KHUSUSNYA BERCERITA. GURU DAPAT MELAKUKAN BERBAGAI MACAM METODE TERKAIT PROSES PEMBELAJARANNYA. UPAYA-UPAYA TERSEBUT DIANTARANYA ADALAH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING13, METODE STORY READING14, METODE MIND MAP15, METODE TALKING STICK16,DAN METODE KARYA WISATA17. GURU DAPAT MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MENUNJANG PROSES
70623E001 | T 499.2 SRI p | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Tandon) | Tersedia |
70623E002 | 499.2 SRI p | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Sirkulasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain