Text
Konsep & teori dasar manajemen pendidikan Islam
Pada dasarnya semua organisasi atau sebuah lembaga baik kecil maupun besar semua membutuhkan pengelolaan atau manajemen yang baik, sehingga organisasi atau lembaga mampu menciptakan prinsip manajemen yang bertujuan membangun kedisiplinan dan mutu yang berkualitas. Prinsip Manajemen Pendidikan adalah asas kebenaran yang menjadi pokok dasar dalam berfikir untuk sebuah proses perencanaan, peng-organisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Manajemen Pendidikan Islam adalah proses pemanfaatan semua sumber daya yang dimiliki (ummat Islam, lembaga pendidikan atau lainnya) baik perangkat keras maupun lunak. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan orang lain secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat. Banyak sekali para ulama dibidang manajemen yang menyebutkan tentang fungsi-fungsi manajemen diantaranya adalah Ibnu Taimiyah, bahwa tujuan pendidikan harus diarahkan pada terbentuknya pribadi yang baik, yaitu seorang yang berfikir, merasa dan bekerja pada berbaigai lapangan kehidupan pada setiap waktu sejalan apa yang ada dalam Al-Quran dan Assunah. Pribadi yang baik menurutnya
111423R001 | T 2x7.31 ABD k | Perpustakaan IAIN Palopo (Ruang Tandon) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain