Tulisan ini berupa hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab pada beberapa MTs Negeri di Kota Padang, padahal TIK pada zaman sekarang ini adalah merupakan media yang sesuai dengan jiwa dan karakter peserta didik. Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa belum termanfaatkannya media TIK ialah karena tid…
Hasil penelitian dapat dijadikan bukti empirik, acuan, dan landasan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Ada tiga jenis penelitian yang memiliki kontribusi langsung untuk peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu : 1. Penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut PTK 2. Penelitian pengembangan 3. Penelitian kuasi eksperimen Ketiganya menjadi tema utama dalam buku ini.
ABSTRAK INFORMATIF : BUKU INI MEMBAHAS: 1. PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN PEMBELAJARAN 2. TEORI-TEORI BELAJAR BAHASA 3. SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR 4. MATERI BELAJAR BAHASA ARAB 5. PENDEKATAN DAN METODE 6. STRATEGI, GAYA, DAN TEKNIK 7. MEDIA PEMBELAJARAN 8. EVALUASI PEMBELAJARAN 9. LINGKUNGAN PEMBELAJARAN 10. STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM 11. MODEL PEMBELAJARAN 12. PEMROLEHAN NAHA…
Penguasaan keterampilan berbahasa Arab di abad ke-21 tidak bisa diremehkan, baik dari perspektif keislaman, geopolitik, ekonomi, bisnis, maupun bidang lainnya. Dalam konteks keislaman, bahasa Arab adalah bahasa suci Al-Qur'an, yang dianggap sebagai wahyu Allah bagi umat muslim. Selain itu, kemampuan berbahasa Arab memungkinkan kita untuk lebih dalam memahami budaya Arab, sejarah, tradisi, serta…
Buku yang ada di tangan Anda adalah sebuah buku yang berisi jawaban atas sebuah pertanyaan: Bagaimana mengukur kemampuan bahasa Arab? Untuk mengetahui kemampuan bahasa Arab tentunya diperlukan sebuah alat ukur yang dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, alat ukur yang dapat menghasilkan skor yang ajeg tidak berubah-rubah, dan alat ukur yang dapat digunakan dengan mudah. Ketiga hal tersebut …
Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara detail metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab. Metode yang dibahas di antaranya: Thariqatu al-Qawaid wa al-Tarjamah, al-Thariqatu al- Mubasyirah, al-Thariqatu al- Sam’iyatu al- Safawiyah, al-Thariqah al-Qira’ah, al-Thariqah al-Ma’rifiyah, dan metode-metode Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa. Sedangkan strategi yang dikupas adalah strate…
buku ini terdiri dari 7 (tujuh) bab pembahasa adalah tentang : pada bab pertama membahas masalah bagaimana memahami Bahasa Arab dan karakteristiknya; bab kedua tentang memahami konsep dasar teori Bahasa dan pembelajaran; Bab ketiga tentang memahami prinsip-prinsip pembelajaran Bahasa; Bab keempat tentang memahami konsep dasar pembelajaran Bahasa Arab; Pada bab kelima membahas tentang Memahami k…
Buku ini berisi tentang permainan edukatif pendukung pembelajaran bahasa arab yakni: 1. Hakikat, pengertian dan manfaat permainan 2. Prinsip dasar permainan bahasa 3. Tipe, variasi permainan bahasa 4. Ragam permainan untuk keterampilan membaca, mendengarkan, gramatikal dan sastra 5. Cara mudah evaluasi permainan bahasa
buku ini terdiri dari 9 bab pembahasan, yang membahas tentang : Profesionalisme guru; Variabel pembelajaran; Telaah teori pembelajaran; General strtaegi Active Learning; Merancang media pembelajaran untuk active learning; menata tata letak kelas untuk active learning serta membahas tentang Strategi active learning.
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar disamping sebagai penyaji stiumulus, informasi, sikap, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi. Selain itu media juga berfungsi untuk mengatur langkah-langkah kemajuan serta untuk memberi umpan balik. Penerapan media yang tepat akan membantu keberhasilan proses belajar mengajar dan m…