Buku ini terdiri dari tujuh bab. bab pertama terdapat pendahuluan, bab 2 tentang Hubungan Tasawuf dengan pendidikan, bab 3 tentang prinsip-prinsip ajaran pokok tasawuf, bab 4 tentang Guru dan Murid, bab 5 tentang TAsawuf Al-Ghazali, bab 6 tentang pola hubungan Guru Murid Menurut Al-Ghazali dan pada bab 7 terdapat penutup dari buku ini.
Buku ini membicarakan tentang manajemen pendidikan Nasional yang sistematis dan terpadu. Gagasan-gagasan yang dikemukakan selain bersifat filososfis juga menyangkut masalah yang bersifat praktis, mengingat perlunya manajer-manajer pendidikan yang terampil agar mampu menghadapi masalah yang serius yang timbul ditengah-tengah masyarakat dan mampu menanggulangi dalam rencana pembangunan jangka pa…
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup : Bab I Refleksi masa lalu dan tantangan masa depan Bab II Masyarakat Indonesia Baru : Peran pendidikan nasional Bab III Reposisi dan reaktualisasi pendidikan nasional Bab IV Paradigma baru pendidikan nasional Bab V Desentralisasi pendidikan nasional dalam rangka pelaksanaan UUD RI No 22 ttg pemerintah daerah Bab VI Paradigma baru pe…