BUKU INI MEMBAHAS MENGENAI PSIKOLOGI PENDIDIKAN, TERMASUK ASPEK-ASPEK YANG TERKAIT DI DALAMNYA SETA BERBAGAI ELEMEN PENTING DALAM AKTIVITAS PENDIDIKAN. URAIAN PEMBAHASAN DIBAGI DALAM 15 BAB, DIMULAI DARI PAPARAN PSIKOLOGI SECARA GARIS BESAR, KEMUDIAN MASUK KEPADA PEMBAHASAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN (TERKAIT DENGAN DEFINISI, RUANG LINGKUP, KEGUNAAN, PENDEKATAN, DAN METODE PENELITIAN DALAM PSIKOLOGI …
BUKU INI MEMBERIKAN PENGERTIAN MENGENAI BERBAGAI HAL MENGENAI PENDIDIKAN ANAK. MASALAH PENDIDIKAN MERUPAKAN MASALAH KODRATI YANG DIBAWA SEJAK ANAK LAHIR. ADA BEBERAPA HAL YANG MENJADI PENGHAMBAT DAN HAL YANG MENJADI POTENSI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN KARENA ANK MEMPUNYAI INTELEGENSI, SIFAT, BAKAT DAN KEPRIBADIAN YANG BERBEDA-BEDA. DIBAHAS TERINCI PADA : 1. KEPRIBADIAN DALAM PENDIDIKAN 2. PERTUM…
Psikologi Pendidikan merupakan ilmu teoretis dan praktis, yang menghubungkan antara pendidikan dan psikologi; tidak hanya berkaitan dengan penelitian-penelitian ilmiah dalam berbagai aspek belajar mengajar, namun pengaplikasian konsep, teori dan prinsip-prinsip psikologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian Psikologi Pendidikan dapat berupa penelitian deskriptif…
Buku ini memuat tentang : 1. Perkembangan manusia 2. Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan manusia 3. Karakteristik dan prinsip perkembangan peserta didik 4. Aspek-aspek psiko-fisik perkembangan peserta didik 5. Hubungan Timbal Balik antara perkembangan dengan belajar 6. Fase dan tugas perkembangan peserta didik 7. Hukum perkembangan peserta didik 8. Perkembangan Motor peserta did…
Buku ini terdiri dari delapan bab pembahasan, yaitu ; Bab I, Pendahuluan. Bab 2, Sifat-sifat Umum Aktivitas manusia. Bab 3, Sifat-sifat khas kepribadian manusia. Bab 4, Sifat-sifat khas individu yang lain: Masalah intelegensi. Bab 5, Perbedaan-perbedaan dalam bakat. Bab 6, Pengembangan individu. Bab 7, Perubahan individu karena belajar. Bab 8, Penilaian hasil-hasil pendidikan.