BUKU INI BERUSAHA MENGGALI KHAZANAH PENDIDIKAN ISLAM MULAI DARI PRIODE KLASIK , PERTENGAHAN, HINGGA MODERN, MENGURAIKAN BERBAGAI DIMENSI YANG MEMPENGARUHUI PERKEMBANGAN, KEMAJUAN, DAN KEMUNDURAN PENDIDIKAN ISLAM , BAIK KONTEKS NILAI-NILAI LEMBAGA , TOKOH DAN SEBAGAINYA.
Buku ini terdiri dari 21 bab, yang membahas tentang; Prinsip-prinsip umum pendidikan Islam, lembaga-lemabaga pendidikan Islam sebelum madrasah, Pertumbuhan Madrasah pada periode awal sebelum lahirnya Madrasah Nizhamiyah, madrasah Nizhamiyah, madrasah-madrasah di Makkah dan Madinah, madrasah Tingkat Tinggi (Universitas Al-Azhar), peran lembaga pendidikan Islam Klasik dalam mencetak ulama, Kuriku…
Buku ini membahas tentang studi sejaran pendidikan islam yang didalmnya membahas tentang pengertian, objek, metode, kegunaan dan periodisasi sejarah pendidikan islam. pada bagian lain dri buku ini dibahas tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam yang didalamnya membahas tentang masa pembinaan pendidikan islam, masa pertumbungan setra masa kejayaan, kemunduran dan masa pembaharuan…